Image


                        Salah satu Patung Bunda Maria yang berada di Teluk Gurita,Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, merupakan destinasi wisata terbaru yang dimiliki Nusa Tenggara Timur.

Dengan jarak 6 jam 54 menit, waktu yang diperlukan untuk dari Kota Kupang menuju Teluk Gurita dengan melewati 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS dan Kabupaten TTU . Selain menjadi tempat berdoa bagi umat Katolik, Patung Bunda Maria ini juga merupakan salah satu obyek wisata bagi Masyarakat Atambua Belu, Nusa Tenggara Timur.

Patung Bunda Maria ini di bangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belu yang dipergunakan oleh masyarat Belu dan sekitarnya. Hal ini yang membuat daya tarik tersendiribagi para peziarah atau wisatawan rohani untuk berkunjung.


Daya tarik utama dari patung Bunda Maria yaitu bentuknya yang unik dan khas dengan memiliki rekor sebagai patung bunda Maria yang tertinggi di Atambua Belu, Nusa Tenggara Timur.Dengan arah patung menghadap lautan Atapupu, ini menjadi daya tarik lebih bagi para pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang patung Bunda Maria atau laut Atapupu.

Dan untuk sampai pada patung Bunda Maria ini, dibutuhkan waktu 2 menit untuk berjalan kaki dari pintu gerbang, dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan pantai yang begitu indah.

Meskipun belum 100% rampung, tapi patung ini telah memiliki daya tarik tersendiri untuk setiap masyarakat yang telah mengunjungi tempat ini. Kata bijak berkata “ Treveling adalah cara mengenal Tuhan, alam sekitar, orang lain dan diri sendiri.

Maka sebagai Masyarakat Nusa Tenggara Timur, mari kita memasukkan nama Patung Bunda Maria di teluk gurita pada list tempat wisata terbaik yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur tercinta.

By

Maria M.F.E. Jebatu, S.Pd

Guru SMK N 2 SoE