Image

Oleh Paulina Adolfina Nuban

 

Goa Mabala adalah sebuah goa bebatuan karang yang berada tepat dibawah akar pohon besar dimana didalam goa mabala ini masih ada banyak stalagtit maupun stalagmit hingga kelalawar yang menghuni beberapa sudut goa.

 Goa Mabala yang berada di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, menempati urutan kedua dengan kategori destinasi wisata terunik terpopuler.

 

Berbentuk seperti kubah elips dan tiang yang menjulang tinggi, goa ini terlihat kokoh dengan warna beragam warna seperti merah marun, cokelat, pink dan kuning emas.

Bagi kamu yang suka berwisata dengan menantang adrenalin, tempat ini sangat cocok. Sebab untuk masuk ke dalam goa, kamu harus bertunjang pada akar pohon tua yang memang sudah ada sejak ratusan tahun.


Dari Area Parkiran Goa Mabala, Kita Harus Berjalan Kaki Lagi Sekitar 8 Menit Meniti Jalan Setapak Hingga Sampai Dimulut Goa Atau Di Bawah Pohon Besar.

Dari bagian luar kita tidak akan segera menemukan kesan adanya goa di sana. Di depan gerbang goa kita akan menjumpai seorang penjaga yang di depannya ada sebuah kotak. Untuk masuk kedalam goa, kita hanya perlu membayar tiket masuk seiklasnya saja. biasanya hanya mengisi buku tamu saja dan memberikan uang sebebasnya sesuai kemampuan kita.

Kesan horror mulai terasa saat menuruni tangga yang cukup curam, sehingga perlu berpegangan dengan hati-hati. Selain itu kelelawar juga beterbangan dan hal ini tentu saja bisa membuat terkejut. Untungnya ada banyak cahaya yang masuk melalui lubang dinding goa yang bolong serta area goa yang cukup luas dan tinggi sehingga tak terasa sempit.


Pada saat masuk ke dalam goa wisatawan akan disambut dengan permainan juk dan nyanyian tradisional tetua adat. Sedangkan di sebelah kanan pintu masuk, kamu diharuskan menggunakan senter, karena akan melewati lorong sempit dan gelap. Ketika sudah berada ditengah goa, kamu akan menemukan cahaya alami dari matahari yang menerjang masuk, membuat sangat terkesan.



Uniknya, goa ini memiliki banyak cabang yang panjangnya dapat menembus hingga ke Kecamatan Sabu Timur, Sabu Barat, hingga Kecamatan Liae.

Goa Mabala ini cukup keramat karena selain berada dilokasi yang terpencil juga masih sangat alami.  Tapi pesona goa mabala membuat banyak orang penasaran.


Goa Mabala atau yang lebih dikenal dengan Goa Lie Mabala berada di desa Eimau, Kecamatan Sabu Tengah di Kabupaten Sabu Raijua Provinisi Nusa Tenggara Timur.

Untuk sampai di goa mabala ini kita hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja atau sejauh 12 km dari ibukota, Seba. perjalanan menuju Goa Mabala ini cukup mudah dan aksesnya juga sudah sangat gampang dimana sudah bisa dilalui berbagai kendaraan hingga ke area parkiran Goa Mabala.

Goa Mabala menjadi sangat unik dan istmewa karena memiliki banyak kelebihan. salah satunya adalah adanya lubang cahaya dari atas goa yang cukup banyak sehingga begitu cahayanya masuk kedalam goa maka akan memberikan sentuhan dan efek yang menakjubkan.

Di bagian dinding bawah goa terdapat lubang goa kecil yang di dalamnya ada mata air yang konon dipercaya jika yang masih jomblo atau bujang mencuci muka pada air tersebut maka akan segera mendapatkan jodohnya.


Tak heran jika dijam 11.00 – 14.00 banyak wisatawan yang datang untuk melihat langsung keindahan cahaya yang masuk ke goa. Pengunjung yang datang bisa menyewa pakaian adat yang disediakan disini baik untuk wanita maupun pria. Tidak hanya pakaian adat saja bahkan lengkap dengan beragam aksesorisnya sehingga akan terlihat menawan jika dikenakan.


Harga sewa pakaian di goa ini adalah sekitar 50.000 sekali pakai dan sudah termasuk riasan yang dipasang sendiri oleh pengelola Goa Mabala.

Karena Lokasi Goa Mabala Berada Dibawah Pohon Besar Dan Lubang Atau Pintu Utamanya Dijaga Penduduk Maka Untuk Masuk Kegoa Ini Kita Harus Meminta Izin Terlebih Dahulu.